Sabtu, 11 Desember 2010

Beberapa Jenis Picking

  • Up-stroke picking = Istilah ini digunakan apabila anda memetik senar ke arah atas, biasanya dinotasikan dalam tablature berbentuk karakter V.

  • Down-stroke Picking = Istilah ini digunakan apabila anda memetik senar ke arah bawah, biasanya dinotasikan dalam tablature berbentuk karakter ^.

  • Arternate Picking = Merupakan gabungan dari upstroke picking dan downstroke picking yaitu memetik senar ke arah atas dan bawah. Picking jenis ini paling sering digunakan karena dapat memetik senar lebih cepat dibandingkan bila anda hanya menggunakan upstroke saja ataupun down-storoke saja, strokenya secara ketat selalu up , down, up, down, jadi saat dia pindah senar bisa up, bisa down.. tergantung situasi. saat cross string dia bisa (in-side ataupun out-side cross string).

  • Economic Picking = Variasi teknik picking untuk permainan permainan solo cepat, economic hampir sama dengan arternate picking, yang membedakan economic dapat membunyikan 2 nada pada 2 senar yang berbeda menjadi satu kali petikan, campuran alternate sama sweep picking. Saat dia main di 1 senar dia pake alternate picking biasa, tapi saat cross string dia memakai sweep picking, mencari jarak yang paling dekat (selalu in-side cross) misalnya kita mau cross dari senar 6 ke senar 5, economy picking selalu down stroke. misalnya mau cross dari senar 1 ke 2 dia selalu up stroke.

  • Circle Picking = Memetikan senar dengan cara memutar seperti lingkaran sehingga dapat menghasilkan suara lebih halus.

  • Sweep Picking = biasa juga disebut arpeggio picking. Variasi ini di gunakan untuk memetik beberapa senar gitar sekaligus, dengan cara memetikkan senar kebawah saja atau keatas saja.(petikan searah).

  • Tremolo Picking = Sama dengan arternate picking, variasi tremolo biasanya bisa dibedakan ketika ada 1 nada di petik secara sering (berulang-ulang) dan cepat.

  • Harmonic Picking = Variasi picking untuk mengkasilkan nada-nada harmonic.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar