Rabu, 22 Agustus 2012

Lindungi Jantung dengan Memiliki Cita-cita Setinggi Langit

Jakarta - Dunia kedokteran saat ini semakin berkembang. Banyak riset yang dilakukan dan menghasilkan penemuan-penemuan baru untuk mengobati berbagai penyakit, termasuk penyakit jantung.

Sebuah penelitian yang dilakukan di Harvard School of Public Health menemukan fakta bahwa pengidap penyakit jantung yang bahagia cenderung lebih sehat dari pada orang yang kesehariannya selalu mengeluh. Peneliti di Harvard, Julia Boehm, PhD mengatakan orang yang punya cita-cita tinggi dan optimis dapat mengontrol tingkat stressnya dan perilakunya.

Selain itu, ada beberapa cara menyenangkan lain yang dapat mengurangi risiko terkena penyakit jantung. Seperti yang dikutip dari Prvention International, berikut empat cara tersebut

1. Perbanyak Konsumsi Ikan
Penelitian yang dilakukan di Taiwan dan Turki menyatakan bahwa makanan laut yang kaya omega 3 akan membantu meningkatkn kekebalan tubuh Anda dari bahan-bahan kimia. Hal ini karena, omega 3 mengandung EPA dan DHA yang dapat mengurangi resiko aterosklerosis atau penyumbatan pembuluh darah. Aterosklerosis adalah penyebab penyakit jantung koroner dan stroke.

2. Berjemur Dibawah Sinar Matahari
Jurnal yang diterbitkan oleh Archives of General Psychiantry pada tahun 2008 mengungkapkan fakta bahwa, berjemur 15 menit dalam beberapa kali seminggu dapat menambah produksi vitamin D dalam tubuh. Vitamin D tidak hanya membantu penyerapan kalsium tetapi juga berperan terhadap sistem kekebalan tubuh sehingga membantu mengurangi peradangan yang memicu penyakit jantung dan kanker.

3. Mendengarkan Musik
Mendengarkan musik selama satu jam setiap harinya dapat mengurangi 25% gejala depresi. Kesimpulan tersebut didapat dalam Journal of Advanced Nursing pada tahun 2006.

4. Memiliki Mimpi atau Cita-cita
Orang yang memiliki tujuan dalam hidupnya akan berusaha untuk mewujdkan mimpinya. Sebuah studi yang dilakukan oleh Ohio State University mengungkapkan bahwa, orang yang merasa percaya dengan dirinya sendiri dan menemukan arti dari kehidupannya akan hidup lebih sehat dan terhindar dari penyakit jantung, ketimbang mereka yang tidak memiliki mimpi.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar