Selasa, 16 April 2013

Manajemen Waktu


Manajemen Waktu
Waktu adalah seluruh rangkaian saat ketika proses, perbuatan atau keadaan berada atau berlangsung. Dalam hal ini, skala waktu merupakan interval antara dua buah keadaan/kejadian, atau bisa merupakan lama berlangsungnya suatu kejadian.
Manajemen waktu merupakan alat yang efektif untuk membantu seseorang maupun organisasi meraih sasarannya sehingga penting untuk memahami dan mengamalkan ilmu manajemen waktu. Bagaimanapun juga, waktu adalah karunia Allah SWT yang bersifat tidak dapat disimpantidak dapat diulang, dan tidak dapat dihentikan.
Untuk mengenali bagaimana cara memanfaatkan waktu dalampelaksanaan Kuliah Kerja Lapangan, maka kita dapat mengevaluasi kegiatan dengan bertanya kepada diri sendiri, antara lain:
1.

Berapa jam yang digunakan untuk melakukan perencanaan?
2.

Berapa jam yang dimanfaatkan untuk bekerja optimal?
3.

Berapa jam yang digunakan untuk membaca, memahami, dan berbagi atas suatu pengetahuan dan pengalaman (belajar) untuk Kuliah Kerja Lapangan?
4.

Berapa jam yang dimanfaatkan untuk perjalanan menuju tempat tujuan Kuliah Kerja Lapangan dan pulang kembali ke rumah?
5.

Berapa jam yang digunakan untuk berinteraksi, berdiskusi dan merumuskan hasil penelitian Kuliah Kerja Lapangan?
6.

Dan berapa jam yang digunakan untuk beristirahat, berolahraga, dan bersantai (sejenak)?

Dengan melakukan evaluasi manajemen waktu, maka kita dapat mengenali bagaimana penggunaan waktu dalampelaksanaan Kuliah Kerja Lapangan sehingga dapat menemukan hal-hal mana saja yang menurut kita berlebihan porsi waktunya (misalnya makan terlalu lama, ngobrol yang tak perlu dan lain sebagainya) dan mana yang kekurangan porsinya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar